Hi quest , welcome | sign in | registered now | need help ?
Shoes

Sepuluh (10) Terowongan kereta api terpanjang di indonesia

1.Terowongan Wilhelmina Atau Trowongan Sumber ( 1208 m )
Trowongan wilhelmina yang di bangun pada zaman penjajahan belanda dan di resmikan pada tanggal 1 juni 1921,Terowongan ini memiliki panjang sekitar 1208 m,Terowongan ini yang dulu menghubungkan Banjar-Cijulang,Kini keberadaanya sangat memprihatinkan dengan rel kereta yang hilang serta muka terowongan yang tidak terurus di rambati akar semak belukar,Semakin hilang pamor dari bangunan bersejarah maupun aset wisata,Yang seharusnya kita pertahankan bahkan lebih di kembangkan untuk tujuan wisata jika itu tidak di manfaatkan sebagai jalur kereta aktip
2.Terowongan sasak saat ( 949 m )
Terowongan sasaksaat merupakan terowongan jalur kereta api yang di bangun oleh SS ( Staatsspoorwagen )Antara tahun 1902-1903.Bangunan hikmat 503 ini berada di jalur purwakarta-Padalarang di Km 143-144 antara stasiun sasaksaat dan stasiun maswati,Membelah perbukitan cipedong di kampung sasaksaat desa sumur bandung kec.cipatat kab.bandung barat.Di dalam terowongan sepanjang 949m ini terdapat 35 sleko terdiri dari 17 sleko kiri dan 18 sleko kanan dari arah stasiun sasaksaat,Terowongan yang terdapat di daerah Operasi II bandung merupakan terowongan kereta api yang padat lalu lintas,Setiap harinya ada 44 kereta api yng melintas secara reguler,Jalur yang lengkung ketika akan memasuki terowongan baik dari sasaksaat dan stasiun maswati maka jalan relnyadi beri rel paksa ( gongsol ).Banyaknya kereta api yang melintas memerlukan penjagaan khusus sehingga di kedua ujung terowongan terdapa gardu jaga JPT ( Juru Jaga Terowongan )

3.Terowongan SawahLunto ( 835 m )
Terowongan ini di beri nama sawah lunto yang terletak di antara stasiun muara klaban dan sawahlunto di sumatra barat,Trowongan ini memiliki panjang 835 m di kenal juga dengan sebutan lubang kalam.

4.Terowongan Eka Bakti Karya ( 760 m )
Terowongan ini terletak di sumber pucung-MALANG,5 km setelah stasiun sumber pucung,Terowongan ini memiliki panjang sekitar 760 m dan juga terdapat terowongan dwi bakti karya dengan panjang 400 m di sebelah terowongan ini terdapat bendungan Ir.Sutami.

5.Trowongan Mrawan ( 690 m )
Terowongan Marwan ini terletak di sebelah barat stasiun marwan - kalibaru di banyuwangi.Panjang terowongan ini sekitar690 m di di bangun pada tahun 1901

6.Terowongan Lampegan ( 687 m )

Terowongan ini terletak  di kec.cibeber perbatasan ci anjur dan kab.sukabumi,Pada tanggal 8 feb 2001 terongan ini runtuh namun saat ini terowongan ini suda di renovasi,Yang memiliki panjang sekitar 687 m.

7.Terowongan kupitan ( 600 m )
Terowongan ini berada di wilayah DRIVE II Sumbar antara muara kalaban dan padang sibusuak,Terowongan ini memiliki panjang sekitar 600 m.

8.Trowongan Ijo ( 580 m )
Terowongan ini terletak di rowokele-Kebumen.Terowongan ini di bangun di jaman belanda pada tahun 1885-1886,Dengan sistem kerja paksa,Terowongan ini banyak menelan jiwa yng memiliki panjang 580 m.

9.Terowongan tebing Tinggi ( 424 m )
Terowongan ini terletak di talang banyu desa tanjung kupang kec. tebing tinggi sumatra selatan,Terowongan yang masih aktip ini memiliki panjang sekitar 424 m.

10.Terowongan Gunung Gajah ( 368 m )
Terowonga gunung gajah uni termasuk di wilayah DRIVE III Sumsel dan terletak di antara stasiun lahat dan stasiun bunga mas,Panjang terowongan ini sekitar 368 m.


Itulah kilas kesepuluh sejarah terowongan kereta api yang terpanjang di nusantara ( Indonesia ),Semoga saja kita semua sebagai pemuda dan pemudi indonesia dapat merawat tempat bersejarah ini sampai ahir hayat,Walaupun tidak aktip setidaknya kita bisa menjadikanya tempat wisata alam tentang sejarah perkembangan kereta api di indonesia.

Sekian kutipan kali ini akan saya sambung di lain kali dengan artikel yang berbeda..Sekian.

Ditulis Oleh : Unknown

Artikel Sepuluh (10) Terowongan kereta api terpanjang di indonesia ini ditulis oleh Unknown pada hari . Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Sepuluh (10) Terowongan kereta api terpanjang di indonesia dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Get this widget ! ::

DMCA.com COPYSCAPE.com
Anda sedang membaca artikel tentang Sepuluh (10) Terowongan kereta api terpanjang di indonesia dan anda bisa menemukan artikel Sepuluh (10) Terowongan kereta api terpanjang di indonesia ini dengan url http://ercire.blogspot.com/2013/01/sepuluh-10-terowongan-kereta-api.html. Anda boleh menyebarluaskan atau mengcopy artikel Sepuluh (10) Terowongan kereta api terpanjang di indonesia ini jika memang bermanfaat bagi anda atau teman-teman anda,namun jangan lupa untuk mencantumkan link sumbernya.Ercire-TM | Media Online | Blogspot
Share :
Comments
1 Comments

+ komentar + 1 komentar

April 5, 2015 at 1:55 AM

makasih hehe asik dapat ilmu nih dari agan yang baik hati ini :D tampilan blog agan keren banget kalau boleh tau apa nama templatenya :) kasih tau dong...


JOIN SITE -> WWW.CYBERPWK.COM Cara Hack & Mengetahui Password Facebook Terbaru

Post a Comment